Ad Top

Dago Pakar, Wisata Mengasyikan dan Hemat di Kota Bandung

19/10/2017 by Radja
Bandungpedia
Foto:

Bandung jadi surganya wisata di Jawa Barat. Banyak tempat yang dapat Sahabat Sporto kunjungi di sini, Dago misalnya. Kawasan tersebut tentunya sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan karena namanya sudah sangat dikenal sejak dulu.

Kawasan Dago sangat luas, mulai dari wisata kuliner dan lainnya terdapat di sini. Tempat yang paling cocok untuk menghilangkan penat adalah di Taman Hutan Raya Juanda atau populer disebut Dago Pakar.

Dago Pakar merupakan salah satu hutan alami yang masih bertahan keberadaannya di wilayah Kota Bandung. Luasnya sekitar 590 hektar. Pemandangan dan suasananya begitu asri karena pepohonan hijau nan rindang tumbuh lebat di sini. Dago Pakar juga menjadi Taman Hutan Raya pertama di Indonesia, yang diresmikan oleh Presiden RI ke-dua, yaitu Soeharto.

Di hutan ini, terdapat berbagai jenis tanaman lindung. Seperti kaliandra (calliandra callothyrsus), pinus (pinus merkusii), bambu (bambusa sp.), kayu manis, teklan, dan lain sebagainya. Untuk satwa yang ada di sini antara lain musang (paradoxurus herma paproditus), kera (macaca insularis), tupai (callosciurus notatus), ayam hutan (gallus gallus bankiva), kepodang (oriolus chinensis), kutilang (pycnontus caferaurigaster) dan lainnya.

Bukan hanya tanaman yang beragam, di Dago Pakar juga terdapat beberapa tempat wisata, seperti Gua Jepang, Gua Belanda, Curug, Maribaya dan lainnya. Jika Sahabat Sporto ingin menikmati pemandangan pohon-pohon pinus yang ada di sini, bisa sambil bersantai di atas hamock yang tersedia.

Saat pagi hari khususnya di hari libur, warga setempat kerap melakukan aktivitas olahraga di sini. Selain udaranya yang sejuk, areanya pun sangat luas untuk sekadar jogging, bersepada hingga yoga.

Jika perut keroncongan, jangan khawatir. Sahabat Sporto juga bisa berwisata kuliner di sini. Terdapat berabagai kedai-kedai kecil yang menjual aneka makanan ringan hingga berat, seperti nasi bakar, nasi liwet, gorengan dan lainnya.

Oh iya, harga tiketnya pun cukup terjangkau, yakni hanya Rp 10 ribu saja per orangnya. Menariknya, harga tersebut bisa langsung menjelajahi semua tempat wisata di Dago Pakar. Wisata murah dan berkesan dapat Sahabat Sporto nikmati semua. Penasaran?