Ad Top

Wow, Orchid Forest Lembang Mirip Rivindell Lord of The Ring

22/10/2017 by Radja
Bandungpedia
Foto:

Bandung tak pernah mengecewakan para wisatawan yang datang ke kota yang dijuluki sebagai kota kembang tersebut. Kota yang letaknya dekat dengan Jakarta ini menjadi salah satu pilihan tempat berlibur favorit para warga Jakarta yang akan berakhir pekan. Baru-baru ini di Bandung, tepatnya di Lembang, ada sebuah wisata alam yang baru saja diresmikan pada akhir Agustus 2017, yakni Orchid Forest. Destinasi wisata ini digadang-gadang mirip dengan Rivindell yang merupakan tempat tinggal para peri yang ada dalam film Lord of The Ring.

Seperti Rivindell, pemandangan di Orchid Forest memang mirip dengan negeri dongeng tempat para peri bersembunyi dengan bangunan-bangunan yang dibuat dengan desain klasik yang unik. Orchid Forest merupakan hutan wisata di mana kamu akan dimanjakan dengan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi hingga puluhan meter di tanah seluas 12 hektar. Tak heran jika udara yang kamu hirup di sini sangat segar dan sejuk. Cocok khan buat kamu yang sedang ingin membersihkan paru-paru dari polusi udara di ibukota.

Sesuai dengan namanya, di hutan ini tak hanya terdapat pohon pinus saja, tapi juga ada 157 jenis bunga anggrek yang bisa kamu nikmati. Bunga anggrek yang ada di sini tak hanya berasal dari Indonesia, tapi juga ada yang didatangkan dari Amerika Serikat, Peru, Venezuela, dan negara-negara lainnya. Ada anggrek langka seperti anggrek hitam, anggrek kantong semar, dan masih banyak lagi. Tak heran jika Orchid Forest ini menyandang predikat sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia. Bagi kamu pecinta bunga anggrek, kamu juga bisa membeli bibit bunga anggrek dan mengobati anggrek kamu yang sakit atau terkena hama di klinik khusus bunga anggrek. Ke depannya, pihak pengelola juga akan membangun museum anggrek.

Berhubung sekarang sedang tren spot wisata yang instagramable, maka pihak mengelola juga menyediakan beberapa spot yang sangat apik untuk kamu jadikan background foto. Spot yang paling menjadi favorit adalah pada rumah kaca berbentuk kubah segitiga yang mirip dengan bentuk puncak istana ala negeri dongeng. Spot lainnya adalah sky bridge yang terlihat seperti jembatan misterius saat ada kabut yang menyelimuti Orchid Forest. Lalu ada panggung kayu yang melingkar setengah lingkaran dengan kursi-kursi yang terbuat dari kayu. Tak hanya bisa berselfie ria dengan pemandangan kece, juga bisa menikmati wahana lainnya seperti down hill track, flying fox, highrope, dan masih banyak lagi.

Untuk dapat menikmati ekowisata ini, kamu cukup merogoh kocek Rp 30.000. Tapi jika ingin menaiki wahana wisata lain seperti outbound, kamu harus merogoh kocek tambahan seharga Rp 15.000 saja. Meski Orchid Forest ini merupakan hutan rindang, tapi kamu tak perlu takut alas kakimu terkena tanah karena jalanan yang sediakan pihak pengelola sangat nyaman. Selain itu, fasilitas yang diberikan juga sangat lengkap, mulai dari tempat parkir yang luas, musholla, toilet, hingga cafe untuk kamu bersantap dengan nyaman.

Orchid Forest lokasinya dekat dengan wisata Grafika Cikole dan Tangkuban Perahu, tepatnya berada di Jalan Tangkuban Perahu KM 8, Cikole, Lembang- Bandung Barat. Jika ditempuh dari pusat kota Bandung, yakni hanya berjarak sekitar 20 km saja. Kalau ditempuh dengan kendaraan pribadi hanya sekitar satu jam saja. Jika ingin datang ke sini, kamu bisa datang saat weekedays pada jam 09.00-18.00 dan weekend pada jam 08.00-19.00 WIB.