Ad Top

Gedung Landmark Braga, Simbol Sejarah di Kota Bandung

6/11/2017 by Radja
Bandungpedia
Foto: Radja

Bandung adalah kota wisata yang memiliki banyak obyek wisata bersejarah. Wisata sejarah dapat Sahabat Sporto lihat dengan mengunjungi berbagai tempat bersejarah berupa bangunan-bangunan kuno yang keberadaannya masih terjaga hingga kini. gedung bersejarah di Bandung, Gedung Landmark Braga di  Jalan Braga No 129, mampu mengeksperikan bagaimana keadaan Bandung Tempo dulu.

Jalan Braga menjadi kawasan sangat terkenal dan menjadi ikon dari Kota Bandung saat ini. Jalan ini sendiri telah populer sejak zaman dahulu yaitu zaman kolonial Belanda.

Sebab, jalan ini dulunya adalah kawasan elite bagi orang Belanda. Di jalan tersebut banyak bangunan-bangunan mewah yang di bangun oleh Belanda seperti pertokoan, tempat hiburan dan menjadi pusat keramaian yang berkelas bagi orang Belanda zaman dahulu.

Gedung ini menjadi salah satu lambang sejarah Kota Bandung. Pada masa kolonial Belanda di Bandung, gedung ini adalah toko buku yang bernama Van Dorp. Keberadaan toko buku ini cukup lama, hingga akhirnya di tutup dan dijadikan gedung bioskop sementara waktu pada tahun 1970.

Gedung ini selain menjadi simbol sejarah di Bandung, juga memiliki aspek historis dan kebudayaan yang amat tinggi. Landmark Braga telah dibangun sejak masa kolonial, di mana arsitekturnya menggunakan arcade.

Banyak fungsi dari Landmark Braga ini, yakni selain sebagai simbol seni dan sejarah kota ini juga, kini, bangunan ini kerap digunakan untuk menggelar even kontemporer seperti pameran.

Bangunan peninggalan zaman Belanda ini seringkali dijadikan tempat pameran buku dan komputer dalam setiap minggunya. Penduduk Bandung maupun mereka yang sedang melancong ke Bandung pun bisa menyambangi pameran ini. Juga backgroundnya yang kental sekali dengan aspek sejarah membuat siapapun yang berkunjung menjadi betah dan nyaman.

Jadi saat Sahabat Sporto berkunjung ke Gedung Landmark Jalan Braga akan mendapat banyak keuntungan, selain mendapat pengalaman wisata sejarah dari Gedung Landmark, anda juga berkesempatan mendapatkan buku atau alat elektronik yang sedang dipamerkan saat itu.