Ad Top

Sepi Penonton, Persib Bantai Perseru 4-0

12/3/2019 by Radja
Sport
Foto: Radja

Laga pamungkas Persib Bandung melawan Perseru Serui  pada fase Grup A Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (12/3) sepi dari penonton.

Panitia pelaksana pertandingan, kemarin malam mengumumkan jumlah penonton mencapai sebanyak 2.516 orang dari total kapasitas stadion sebanyak 27.000 tempat duduk. Namun berdasarkan pantauan, bobotoh yang datang ke stadion diperkirakan kurang dari 1.000 orang. 

Tribun timur, selatan, utara, dan barat yang biasanya dipenuhi oleh bobotoh, pada laga malam kemarin hanya terdapat beberapa orang saja. Nyanyian atau yel-yel yang biasanya terdengar sangat keras untuk mendukung Ardi Idrus dkk berlaga, kini tak terdengar. Bahkan di tribun utara, jumlah aparat keamanan terlihat lebih banyak ketimbang bobotoh yang menyaksikan.

Bukan hanya itu, para pedagang yang biasanya berjumlah ratusan dan membanjiri kawasan stadion kini hanya terlihat puluhan saja. Kepadatan lalu lintas  yang biasanya sudah terasa di jalan menuju stadion pun tak terasa. Pemandangan ini justru lebih tampak seperti sedang tidak ada pertandingan.

Biasanya laga kandang "Maung Bandung" selalu dipenuhi bobotoh dari belasan ribu hingga puluhan ribu bobotoh. Sepinya animo bobotoh karena bentuk kekecewaan terhadap pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic dalam memoles pasukannya.

Sepinya bobotoh pun cukup dirasakan oleh pedagang yang berjualan di sekitar Stadion Si Jalak Harupat. Enung Maryati, penjual di sekitar Si Jalak Harupat sangat merasakan dampak dari sepinya bobotoh di pertandingan Persib. 

"Pendapatan saya menurun drastis dibandingkan dua pertandingan sebelumnya di Piala Presiden 2019. Saat pertandingan pertama pendapatan bisa mencapai 1,5 juta rupiah, bahkan waktu Persib lawan Persebaya bisa mencapai 3 juta, sekarang setengahnya pun belum sampai," ujarnya seperti dilansir bola.com, kemarin.

Tampil menekan

Meski sepi penonton dan tak diperkuat lima pemain utama, Persib Bandung akhirnya meraih kemenangan perdananya di ajang Piala Presiden 2019. "Maung Bandung" menekuk Perseru Serui dengan skor 4-0. 

Sejak awal pertandingan, Persib langsung tampil menekan. Sementara, Perseru tetap dengan ciri khasnya bermain tertutup dan sesekali melancarkan serangan balik melalui kecepatan dari pemain-pemainnya.

Menit 15, Persib memiliki kesempatan untuk membuka keunggulan. Namun, tendangan keras dari Kim Jeffrey Kurniawan masih melambung di atas mistar gawang Perseru.

Sepuluh menit beselang, Perseru mencoba mengancam melalui serangan balik. Umpan panjang Yericho Cristiantoko yang disambut Nedo Turkovic dengan sundulannya hampir saja menggetarkan gawang Persib.

Persib langsung membalas serangan tersebut, lewat skema umpan silang. Namun sayang, pada menit 24 sundulan Ezechiel N'douassel masih menyamping di gawang Perseru.

Lima menit kemudian, Ezechiel kembali mendapatkan momentum untuk menjebol gawang Perseru. Akan tetapi, sepakan kerasnya masih dapat digagalkan oleh tiang gawang.

Jelang turun minum, Perseru memperoleh peluang melalui Turkovic. Tapi sayang, tendangan spekulasi yang dilakukannya masih melayang di atas gawang M. Nathsir.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama. Baik Persib dan Perseru gagal menciptakan gol. Skor 0-0 menutup paruh pertama.

Selepas turun minum, Persib langsung tancap gas dalam membangun serangan. Sedangkan, Perseru hanya sanggup tampil bertahan sambil sesekali mencari kesempatan untuk serangan balik.

Menit 49, Ezechiel memilki kesempatan untuk menjebol gawang Perseru. Tapi sayang, penyelesaian akhirnya masih jauh dari sempurna.

Gol yang dinantikan Persib akhirnya terwujud pada menit ke-57. Erwin Ramdani sukses menggetarkan gawang Perseru lewat tendangan terukurnya dari dalam kotak penalti.

Setelah gol pertamanya, intensitas serangan Persib semakin gencar. Menit 60, sepakan akurat dari Ardi Idrus mengarah tepat ke gawang Perseru. Tapi, Bima Sakti mampu menepisnya.

Terus menerus di serang membuat lini belakang Perseru kewalahan. Pada menit 68, lini belakang Perseru terpaksa melakukan pelanggaran terhadap Ezechiel.

Wasit pun menghukum Perseru hukuman penalti. Ezechiel yang ditunjuk sebagai eksekutor tendangan penalti mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Unggul 2-0, tak membuat Persib mengendurkan serangan. Lima menit menjelang bubar, Persib kembali menambah derita Perseru.

Sontekan Henhen Herdiana mampu mengelabui barisan pertahanan Perseru setelah kerjasamanya dengan Ezechiel hanya membuat pemain Perseru melongo.

Persib ternyata belum puas unggul tiga gol atas Perseru. Pada masa injury time, Frets Butuan sanggup mencetak gol keempat setelah memanfaatkan bola muntah hasil tendangan dari Ezechiel.

Atas hasil ini Persib mengakhiri kiprahnya di Piala Presiden 2019 dengan bercokol di peringkat ke-3 Grup A dengan raihan 3 poin. Sedangkan, Perseru terbenam di dasar klasemen dengan torehan tiga kali kekalahan.

Susunan Pemain:

Persib Bandung: M. Nathsir Fadhil Mahbuby (GK); Ardi Idrus, Indra Mustafa, Saepulloh, Henhen Herdiana, Erwin Ramdhani, Bekham Putra, Kim Jeffrey Kuniawan, Ghozali Siregar, Ezechiel N'douassel, Supardi Nasir.

Perseru Serui: Bima Sakti Andiko (GK); Diakite Seydou, Irvan Febrianto, Yericho Cristiantoko, Abdulrahman, Wirdan Septian, Bhagaskara, Nur Akbar Munir, Delfin Rumbino, Nedo Turkovic, Supriyadi.