Ad Top

King Eze Cetak 5 Gol, Persib Cukur Ewako Batam 11-0

31/3/2019 by Radja
Sport
Foto: Radja

Persib Bandung sukses meraih kemenangan telak pada laga uji coba menghadapi Ewako Batam, di Stadion Gelora Citramas, Minggu (31/3). Maung Bandung berhasil menggilas Ewako Batam ini dengan skor telak 11-0.

Laga uji coba ini merupakan rangkaian agenda pemusatan latihan Persib di Batam selama satu pekan. Ezechiel N'Douassel menjadi sorotan usai mencetak lima gol pada pertandingan ini.

Dengan hasil tersebut, Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic mengaku senang. Ia menyatakan timnya kini sudah mengalami perkembangan yang sangat signifikan. 

Meski lawan yang dihadapi Persib merupakan tim kasta bawah, pelatih asal Montenegro ini melihat sisi kekompakan pemain yang kian solid.  

"Luar biasa, tim kian tangguh. Mereka profesional sekali dan saya senang karena setiap hari kami terus mengalami peningkatan. Saya sudah bicara sama mereka, kalau kita seperti hari ini dan seperti kemarin, kita bisa jadi tim bagus,” kata Radovic usai pertandingan, kemarin. 

Menurutnya, kesuksesan timnya tak lepas dari dukungan penuh bobotoh, terutama yang berada di Batam. Menurutnya, animo bobotoh cukup besar dalam memberikan dukungannya meski Persib berada di luar kota. Setidaknya pada laga persahabatan itu, lebih dari 3000 bobotoh memenuhi Stadion Citramas Batam.

"Antusiasme dari bobotoh luar biasa. Mereka selalu datang mendukung pemain, pelatih, semua kita senang di sini karena mereka bantu segalanya, luar biasa dari Viking Batam terima kasih untuk Bobotoh," ujarnya. 

Meski hanya pertandingna uji coba, Radovic mencoba menurunkan starting eleven terbaiknya. Di lini depan Persib mengandalkan Ezechiel N’Douassel. Striker asal Chad itu akan berduet dengan Frets Listanto Butuan di lini depan. 

Sementara posisi penjaga gawang dipercayakan kepada Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby. Sedangkan di posisi bek, Indra Mustafa dan Bojan Malisic bakal bertindak sebagai benteng pertahanan Maung Bandung. Keduanya akan diapit oleh dua bek sayap cepat Ardi Idrus dan Supardi Nasir Bujang.

Di sektor tengah, Miljan menempatkan Hariono, Kim Jeffrey Kurniawan, Febri Hariyadi dan Erwin Ramdhani. Keempat pemain tersebut siap bahu membahu memberikan pelayanan kepada dua penyerang Ezechiel dan Frets Butuan. 

Meski meraih kemenangan telak, Radovic mengaku masih banyak hal yang harus diperbaiki sebelum tampil di Liga 1. Dengan waktu tersisa satu bulan lagi, dirinya akan memanfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin untuk mengasah kemampuan para pemainnya.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit dibunyikan, tim Maung Bandung langsung tancap gas dan mencetak gol saat laga baru berjalan 7 menit. Supardi berhasil memanfaatkan cut back Febri Hariyadi di sisi kanan. Tendangan keras dari luar kotak penalti meluncur deras dan bersarang di gawang meski sempat diblok penjaga gawang.

Gempuran terus dilakukan oleh tim asuhan Miljan Radovic ini usai memecah kebuntuan. Sepakan keras Ezechiel N'Douassel menit 14 mampu ditangkap kiper Ewako Batam. Tiga menit berselang Febri Hariyadi yang mengancam, meliuk-liuk di pertahanan lawan tapi tendanganya masih lemah.

Persib menekan barisan pertahanan lawan dan keunggulan materi membuat mereka menguasai jalannya permainan. Gol hanya tinggal menunggu bagi Persib dan Ezechiel sukses mengoyak jala gawang Ewako Batam di menit 23. Umpan datar Kim dituntaskan striker asal Chad tersebut dengan sempurna.

King Eze --sapaan akrab Ezechiel-- kembali mencatatkan namanya di papan skor dua menit berselang. Umpan lambung Ardi Idrus disambut dengan apik oleh Ezechiel yang lepas dari kawalan pemain belakang lawan. Hanya tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper, sepakan jitu membuat Persib Bandung unggul semakin jauh di babak pertama.

Selepas jeda Maung Bandung tidak mengendurkan sedangan mereka dan tetap tampil menyerang. Fabiano Beltrame, Ghozali Siregar dan Syafril Lestaluhu dimasukan oleh Miljan Radovic. Hasilnya Ezechiel pun sukses mencetak hattrick di menit 48 usai meliuk-liuk di area pertahanan Ewako.

Ezechiel menjadi bintang setelah memaksa penjaga gawang Ewako Batam lagi-lagi memungut bola dari gawangnya. Umpan tendangan bebas Supardi sukses ditanduk Fabiano Beltrame yang ikut naik membantu Serangan. Ezechiel dengan naluri gol yang tinggi pun meneruskan bola dengan menyambarnya di menit 52.

Striker tajam Persib itu pun mencetak gol kelimanya pada laga ini pada menit 53. Kesalahan bek dan kiper Ewako dimanfaatkan Ezechiel untuk semakin menenggelamkan tim tuan rumah. Radovic pun langsung memasukan pemain lain yang belum mendapatkan jam terbang di laga ini.

Agung Mulyadi yang masuk di babak kedua turut menorehkan luka bagi Ewako Batam. Dia langsung mencetak dua gol pada menit 62 dan 71. Tendangan Henhen Herdiana bisa ditahan kiper dan bola rebound dimanfaatkan Agung untuk membawa Persib memimpin jauh dari tuan rumah.

Pada penghujung laga Persib dengan mudah menceploskan bola ke gawang Ewako Batam. Agung Mulyadi menorehkan hattrcik setelah melakukan solo run menit 89. Srdjan Lopicic lantas melengkapi pesta gol Maung Bandung lewat dua golnya usai menerima assist Abdul Aziz.