Ad Top

Di Hari Batik Nasional, Emil Kenakan Batik Desain Sendiri

2/10/2019 by Radja
Umum
Foto: Radja

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut batik telah mendapat pengakuan sebagai warisan budaya dunia.

Menurutnya, baju batik adalah warisan budaya yang menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia dan sudah diakui secara internasional.

"Salah satu kebanggaan di dunia internasional kita yang terkenal itu, batik. Jadi harus diperbanyak," ucap pria yang akrab disapa Emil ini di Gedung Sate Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (2/10/2019).

Emil menyatakan, baju batik harus dikembangkan karena selain menjadi ciri khas Indonesia juga dapat menarik wisatawan yang harus dilestarikan. Selain itu, industri batik juga bisa menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi.

"Ini batik yang saya desain sendiri Garuda Kujang Kencana. Saya sudah banyak desain batik, ada batik Iron Man laku di online, ini buat formal karena mau ke acara Swedia sesuai warna benderanya," katanya.

Untuk itu, dalam memperingat Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, Emil mengajak semua masyarakat untuk menggunakan batik. Tak hanya itu kepada para disainer dan pelaku industri batik, Emil minta pengembangan motif batik baru.

"Poinnya kita lestarikan tidak hanya memakai tapi bagi mereka yang bisa mendesain menciptakan seperti saya kita ramaikan," tandasnya.