JARINGAN Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Bar..." /> JARINGAN Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Bar..."> JARINGAN Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Bar..."> JARINGAN Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Bar..." />
Ad Top

Peluang Pengadaan Barang Kecil Seharusnya Diberikan pada UMKM Jabar

8/12/2019 by Radja
Umum
Foto: Radja

JARINGAN Pengusaha Nasional (Japnas) Jawa Barat (Jabar) menilai, keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menggandeng Mbizmarket.co.id, sebuah perusahaan e-commerce, kurang tepat.

Ketua Japnas Jabar, Iwan Gunawan, mengatakan, seharusnya peluang tersebut diberikan kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) Jabar.

"Saya kira ini kebijakan kurang tepat. Kalau Pemerintah Jabar berkomitmen untuk mendukung penguatan UMKM di Jabar, seharusnya belanja publik di bawah Rp 50 juta diberikan kepada UMKM Jabar," katanya, Ahad (8/12/2019).

Menurut dia, belanja publik di bawah Rp 50 juta itu justru menjadi peluang bagi UMKM pengadaan di Jabar. Ia mengatakan, seharusnya peluang tersebut diberikan pada UMKM Jabar.

"Tentu saja dengan cara membuat platform sendiri. Pelaku usaha yang bergabung dengan platform ini juga merupakan UMKM Jabar yang diseleksi atau dikurasi dari sisi kualitas, kapasitas, dan kuntinuitas," katanya.

Ia mengaku menyayangkan keputusan pemerintah yang memberikan peluang tersebut kepada platform eksisting. Padahal, menurut Iwan, ada kemungkinan produk-produk di platform itu adalah produksi usaha besar dan belum tentu berasal daru Jabar.

"Ini yang harus dikoreksi," ujarnya.

Jika dilihat dari sisi semangat transparansi dan efisiensi yang diusung pemerintah dalam kebijakan tersebut, menurut Iwan, sudah sangat bagus. Akan tetapi, menurut dia, itu saja tidak cukup. "Hal yang juga harus dipertimbangkan adalah bagaimana kemudian platform yg menjadi mitra atau prinsipal memperioritaskan pelaku pelaku UMKM di Jabar," ujarnya.

Jika itu tidak bisa dilakukan, menurut Iwan, sebaiknya Pemprov Jabar membuat flatform sendiri yang berbasis business to business (B2B). Ia mengaku yakin, secara teknis banyak startup Jabar yang mampu merealisasikannya. Seperti diketahui, akhir pekan lalu Pemprov Jabar menggandeng perusahaan e-commerce Mbizmarket.co.id.

Nantinya barang-barang kecil yang dibutuhkan secara cepat akan dibeli melalui e-commerce tersebut, sedangkan untuk pengadaan besar tetap menggunakan e-katalog.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setda Jabar Ika Mardiah mengatakan, kerja sama itu bertujuan untuk menekan potensi korupsi dalam pengadaan barang dan jasa.

Nota kesepahaman kerja sama (MoU) ditandatangani oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan CEO Mbizmarket.co.id Rizal Paramarta serta Chief Operating Officer dan Co-Founder Mbizmarket.co.id Ryn Hermawan.