Ad Top

Implementasikan Digital Payment, bank bjb Piloting QRIS di Pasar Baru Bandung

16/12/2019 by Radja
Umum
Foto: Radja

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi (kiri) melakukan transaksi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) ke salah satu pedagang di Pasar Baru Trade Center Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Senin (16/12/2019).

 

BANK Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (bank bjb) melakukan piloting (uji coba) penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di Pasar Baru Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Senin (16/12/2019). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari implementasi bjb Digital Payment di tahun 2019.

QRIS merupakan fitur pembayaran uang elektronik terbaru berbasis ponsel dan sangat mudah digunakan hanya dengan mengunduh melalui aplikasi yang sudah terstandarisasi. QRIS adalah satu-satunya QR yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan  oleh Bank Indonesia (BI) serta ASPI (Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia) beberapa bulan yang lalu dengan tujuan untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas serta mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional, sehingga memudahkan interoperabilitas antar penyelenggara, antar instrumen, termasuk antar negara.

Kegiatan Piloting QRIS  bank bjb di Pasar Baru hari ini dihadiri Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, Direktur IT, Treasury dan International Banking Rio Lanasier, Direktur Kepatuhan Agus Mulyana, Direktur Operasional Tedi Setiawan, serta dihadiri oleh perwakilan OJK Regional 2 Jawa Barat Adi Dharma sebagai Kepala Bagian Pengawasan Perbankan.

Pasar Baru Bandung dipilih sebagai Piloting QRIS dan implementasi bjb Digital Payment karena selaras dengan tujuan acara yaitu untuk melakukan proses digitalisasi bagi pedagang kecil dan  masyarakat Jawa Barat. Sehingga mereka bisa secara langsung mendapatkan kecepatan dan kemudahan dalam pembayaran. 

Pasar Baru adalah tempat wisata belanja terbesar yang ada di Jawa Barat, dengan lebih dari 4000 tenant yang menghadirkan keragaman wisata belanja mulai dari fashion sampai dengan makanan, maka Pasar Baru telah menjadi salah satu destinasi wisata belanja bagi turis domestik maupun mancanegara.

Terkait hal itu, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi berharap dengan adanya kemudahan bjb Digital Payment, laju perdagangan retail dan usaha kecil menengah di Jawa Barat menjadi lebih meningkat.

"Sesuai dengan visi misi bank bjb untuk selalu mensupport inklusi keuangan, menciptakan ekosistem digital, mengimplementasikan elektronifikasi secara global dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam system  pembayaran dan transaksi keuangan,” katanya.

Dengan adanya teknologi pembayaran digital terbaru dari bank bjb, para pembeli dan pedagang bisa dengan mudah berinteraksi dalam melakukan transaksi keuangan dan jual beli. Selain itu bank bjb juga melakukan sosialisasi produk-produk unggulan seperti produk tabungan Tandamata, deposito termasuk produk kredit usaha kecil serta kredit konsumer, yang langsung dapat dinikmati oleh masyarakat termasuk promo program marketing antara merchant dan bank bjb. 

“Lebih jauh, QRIS ini juga diharapkan bisa dimanfaatkan secara luas oleh para pedagang yang berambisi untuk mengakselerasi usaha mereka dengan menjadi merchant mitra bank bjb agar mendapat kemudahan dan fasilitas untuk pengadopsian teknologi baru transaksi ini guna mengembangkan sayap jangkauan usaha di masa depan,” kata Yuddy.