Ad Top

Kampung Cibunut Jadi Percontohan Pengelolaan Lingkungan Padat Penduduk di Kota Bandung

16/1/2020 by Radja
Bandung
Foto: Radja

WALI Kota Bandung, Oded M Danial, akan menjadikan RW 07, Kampung Cibunut sebagai percontohan pengelolaan lingkungan padat penduduk.

Wali Kota yang akrab disapa Mang Oded itu menunjuk Ketua RW 07, kampung Cibunut, Hermawan Sukmana, sebagai mentor bagi RW lain, agar dapat membantu mengatasi permasalahan sampah di daerah padat penduduk.

"Pak RW ini berhasil membangun karakter dan mindset warga, yang tadinya sulit untuk memilah sampah kini sudah dipilah masing-masing di rumah dan mereka masukkan ke dalam biopori. Contoh biopori yang sudah berhasil itu di RW 7 ini," ujar Oded, saat mengunjungi Kampung Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Kamis (16/1/2020).

Kampung Cibunut merupakan kampung eco-wisata yang menjadi percontohan dalam pengelolaan lingkungan di kawasan pemukiman padat penduduk.

Kampung Cibunut menjadi daerah yang tertata dan bersih, rumah warganya pun dicat warna-warni menjadi ciri khas kampung ini.

Setiap rumah di kampung ini sudah tidak lagi memproduksi sampah. Sampah anorganik telah disalurkan ke Bank Sampah.

Sedangkan sampah organik dimasukkan ke dalam biopori sehingga menjadi pupuk yang bermanfaat.

"Sampah anorganik mereka sudah tidak buang lagi ke TPS, mereka sudah selesai di rumah masing-masing. Mereka juga sudah mengelola sampah organik berbagai metode, ada biopori, bata terawang, ini bagus," katanya.

Oded pun memuji bank sampah milik RW 07. Menurutnya, warga Cibunut memliki manajemen dan pengelolaan sampah yang baik.

"Mereka atas dasar semangat dari RW, punya gagasan karena mereka hidup di tengah kota yang banyak polusi. Hampir setiap rumah pasti ada tanaman. Bahkan di gang menanam pohon yang bisa membuat teduh," ucapnya.

Oded meminta Herman untuk menularkan semangat dan ilmunya kepada 1.584 RW di Kota Bandung.

Ia optimistis, jika semua RW mengikuti langkah RW 07 Kampung Cibunut, persoalan sampah di Kota Bandung bisa teratasi.

"Saya berharap, kita mendorong semua ketua RW di Kota Bandung bisa melakukan seperti ini. Saya optimis kalau semuanya melakukan seperti ini, sampah yang lebih dari 100 truk per hari ke TPA itu bisa selesai. Karena sudah ada model seperti ini, saya kira mudah lah untuk diaplikasikan," katanya.