Ad Top

Legislator Minta UMKM Dilibatkan dalam Pengadaan APD

3/4/2020 by Radja
Umum
Foto: Radja

ANGGOTA DPRD Jawa Barat, Pepep Saeful Hidayat meminta kepala daerah melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis maupun masyarakat di tengah pandemi Covid-19 atau virus Corona.

Dengan melibatkan para pelaku UMKM dalam pembuatan APD seperti masker wajah maupun hazmat, maka akan turut membuat perekonomian masyarakat tetap berjalan.

"Banyaknya pelaku usaha konveksi di setiap daerah dapat dimanfaatkan untuk memproduksi APD seperti masker. Hal ini dapat mendongkrak perekonomian masyarakat di tengah pandemi virus Corona," ungkap Pepep, Kamis (2/4/2020).

"Kenapa tidak ini dianggap sebagai sebuah peluang usaha, dengan pemerintah sebagai agennya. Ketika pemerintah berteriak kekurangan APD, kenapa tidak pemerintah mengkonsolidasi para pelaku UMKM untuk memproduksi APD, jadi sekali dayung dua tiga pulau terlampaui," katanya.

Dia menjelaskan, pandemi virus Corona bukan saja menyerang secara kesehatan, namun pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu menyerang perekonomian masyarakat.

"Masyarakat bisa tetap di rumah, kelangkaan APD bisa tertangani, ekonomi masyarakat terbantu dan penanganan Corona ini dapat bermanfaat bagi Kabupaten Majalengka sendiri," sebutnya.

Pepep juga mengajak kepada rekannya sesama legislator menyisihkan sebagian gajinya untuk disumbangkan guna membantu menanggulangi pandemi Covid-19.

"Biar sedikit, kita sama-sama menyisihkan sebagian gaji untuk digunakan menangani virus Corona berharap menjadi pemantik bagi kesadaran maayarakat untuk ikut berpartisipasi," lanjutnya.